Selasa, 16 Februari 2016

Khasiat dan Manfaat kunyit bagi kesehatan



Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat kunyit bagi kesehatan, kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu tradisional. Selain itu karena warnanya yang kuning, kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna makanan yang alami. Tapi jika Anda telusuri lebih jauh ternyata banyak sekali manfaat kunyit selain hanya sebagai penyedap masakan. Salah satu masakan yang menggunakan kunyit sebagai pelengkapnya adalah gulai. Kunyit atau juga sering disebut dengan kunir merupakan rempah-rempah asli dari kawasan Asia Tenggara. Karena manfaatnya yang begitu kompleks, banyak bermuncula berbagai suplemen yang dikemas dalam bentuk kapsul dimana bahan dasar utamanya adalah kunyit serta penambahan berbagai vitamin lainnya.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan
  • Sebagai antiseptik alami, kunyit dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kanker, karena tanaman ini mengandung zat anti-kanker.
  • Adanya antioksidan pada kunyit dapat membuat anda lebih awet muda karena kunyit memiliki kontribusi dalam pertumbuhan serta peremajaan sel-sel dalam tubuh.
  • Manfaat kunyit dapat mencegah leukimia.
  • Menghancurkan racun dan bahan kimia berbahaya di dalam tubuh.
  • Dapat membantu menurunkan berat badan jika Anda sedang menjalani program diet.
Manfaat Kunyit untuk Kecantikan
Seperti yang sudah diulas sebelumnya mengenai berbagai Khasiat dan Manfaat kunyit bagi kesehatan, kali ini Kami pun ingin kembali mengulas fungsi kunyit yang lain, yaitu manfaat kunyit bagi kecantikan. Kunyit yang memiliki nama latin Curcuma longa ini memilki sederet manfaat bagi kecantikan kulit . Apa saja Manfaat kunyit bagi kecantikan yang perlu diketahui ? Berikut beberapa hal di antaranya:

Fungsi Kunyit dalam perawatan kulit wajah

Manfaat Kunyit dalam merawat kulit wajah dapat dilihat dari perannya dalam menghilangkan bintik hitam ataupun area hiperpigmentasi. Kunyit juga membantu dalam menghilangkan dan mencegah masalah kulit kering.

Selain itu, masker wajah yang mengandung kunyit berkhasiat dalam menghilangkan jerawat dan membuat wajah berseri secara alami. Selain itu kunyit juga bermanfaat dalam membuat kulit menjadi lebih lembut dan bercahaya. Dalam merawat kulit wajah, Kamu dapat menggunakan masker kunyit dua kali seminggu.

Berikut cara perawatan wajah dengan kunyit untuk beberapa tipe kulit:
Untuk kulit berminyak
  • 2 sendok bubuk kayu cendana, susu, beberapa tetes jeruk lemon dan bubuk kunyit dicampur untuk dibuat menjadi masker. Lalu gunakan pada wajah , biarkan kering, dan bilas.
Untuk kulit kering
  • Ambil 1 butir putih telur, tambahkan 2-3 tetes masing-masing minyak zaitun, jus lemon dan air mawar. Campur dalam wadah, oleskan pada wajah, leher dan telinga. Bilas setelah 15 menit dengan menggunakan air dingin.
Untuk kulit normal
  • Ambil 3-4 buah strawberry yang telah matang, hancurkan, lalu tambahkan tepung maizena dan kunyit. Campur dengan baik hingga menjadi masker. Aplikasikan pada wajah. Bilas setelah kering.

Khasiat Kunyit dalam menghilangkan jerawat

Kunyit menawarkan manfaat yang menjanjikan dalam menghilangkan jerawat sekaligus membuat wajah menjadi lebih bersinar. Di India, ramuan yang mengandung kunyit dalam bentuk masker biasanya digunakan oleh mempelai wanita dan pria sehari sebelum pesta pernikahan dengan tujuan agar kulit mereka nampak ceria dan menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan kunyit adalah 
dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung gandum ke dalam susu hangat, lalu tambahkan ke dalamnya 2 tetes minyak zaitun atau minyak kelapa dan kunyit. Aduk hingga merata dan aplikasikan di wajah sehingga membentuk lapisan tipis dan biarkan selama 20 menit. Waktu terbaik dalam mengaplikasikan masker ini adalah saat sebelum mandi, sehingga bisa membilasnya saat mandi sekaligus memaksimalkan khasiatnya.

Manfaat kunyit dalam menghilangkan bekas jerawat atau bekas luka

Selain menghilangkan jerawat, kunyit juga bisa digunakan dengan tujuan menghilangkan bekas jerawat ataupun bekas luka yang lain. Caranya adalah 1 sendok bubuk kunyit dicampurkan dengan beberapa tetes susu, lalu aplikasikan masker tersebut di permukaan kulit selama 15 menit. Campuran masker tersebut juga dapat digunakan dalam menghilangkan spot pigmentasi ataupun bekas eksim.
Manfaat kunyit dalam menghilangkan ketombe

Perpaduan kunyit dan minyak zaitun telah diketahui efektif dalam mengatasi masalah ketombe di kulit kepala. Campuran keduanya digunakan pada kulit kepala ketika mandi layaknya menggunakan shampoo. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas campuran kunyit dan minyak zaitun tersebut dengan shampoo alami yang biasa digunakan.

Manfaat kunyit dalam mengatasi keriput


Untuk keperluan ini, bisa menggunakan campuran susu dan bubuk kunyit. Selain itu, campuran bubuk kunyit dan bubuk beras dengan susu dan jus tomat juga dapat digunakan untuk menghilangkan keriput. Campuran keempat bahan tersebut akan menjadi pasta yang kemudian dilulurkan di wajah dan juga leher, diamkan 30 menit, setelah itu bilas dengan air hangat-hangat kuku.

Kunyit bermanfaat dalam mengobati kaki pecah-pecah


Caranya adalah teteskan 3 tetes minyak kelapa atau minyak zaitun pada 3 sendok bubuk kunyit, lalu dicampur. Oleskan pasta tersebut pada tumit yang bermasalah. Pasta dari kunyit ini juga dapat digunakan untuk mencegah tumbuhnya jamur di antara jari-jari kaki.

Efek Negatif Kunyit Bagi Kesehatan
Selain memiliki banyak manfaat, kunyit juga memiliki efek samping negatif bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa efek buruk kunyit bagi kesehatan.
  • Menyebabkan masalah pada lambung, mengkonsumsi kunyit dalam jangka waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan gangguan lambung. Hal ini terjadi karena sifat pedas yang terkandung pada kunyit.
  • Sulit diserap tubuh, zat yang terkandung pada kunyi cenderung sulit diserap tubuh sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat kunyit secara optimal.
  • Efek kemoterapi, berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit memiliki efek pada kemoterapi, jadi disarankan bagi Anda yang sedang menjalani kemoterapi jangan mengkonsumsi kunyit dalam jumlah yang banyak.
Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, ternyata kunyit juga memiliki dampak negatif bagi tubuh. Tapi apapun alasannya kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki manfaat selama kita mengkonsumsinya secara bijak. Itulah beberapa manfaat kunyit dan efek negatifnya.



Terima kasih atas komentar sahabat...
Dimohon tidak meningggal link hidup / link aktif karena otomatis terhapus

EmoticonEmoticon