Selasa, 28 Juli 2015

Pertolongan Pertama Bila Si Kecil Kelilipan


Pertolongan Pertama Bila Sikecil Kelilipan

Pertolongan Pertama Bila Si Kecil Kelilipan. Kelilipan memang tidak berbahaya tapi jika tidak segera di tindak lanjuti akan berakibat fatal. Apalagi jika yang terkena si kecil yang belu mengerti apa - apa.
Lalu bagaimana langkah darurat ketika si kecil kelilipan...?
Pada umumnya sikecil diminta membelalakkan matanya agar kita bisa meniup matanya lalu ditiup. Harapannya agar benda tersebut segera keluar akibat tiupan kita. Padahal cara ini tidak efektif. Karena benda asing baik itu debu, pasir yang lainnya masuk kematanya mungkin saja masih tetap " bersarang "di tempat semula.
Untuk mengeluarkannya sebenarnya mudah dengan cara alamiah. Jika benda asing tersebut kecil sekali otomatis mata akan mengeluarkan dengan sendirinya bersamaan dengan air mata setelah dikedip - kedipkan secara berulang. Akan tetapi cara - cara ini tak akan mampu mengeluarkan benda asing yang agak besar. Lalu, bagaimana cara mengatasinya...?
  • Hindarkan ucekan yang dilakukannya dengan sendiri, apalagi bila jari tangannya kotor karena justru akan menyebabkan iritasi di selaput atau kelopak mata. Akibatnya mata akan menjadi bengkak dan merah.
  • Carilah kapas halus yang steril, celupkan air bersih lalu bersihkan benda asing yang ada dikelopak mata. Jangan sekali-kali ditekan atau diseka arena akibatnya benda asing itu dapat menggores permukaan bola mata.
  • Cara lain bisa dengan membenamkan mata kedalam baskom yang diisi air bersih lalu dikedip-kedipkan.
  • Tetesi dengan obat mata yang ber-merk dan sudah terjamin, tapi janbgan melebihi tiga kali pemakaian karena dikhawatirkan menimbulkan peradangan berkelanjutan.
  • Jika tak kunjung keluar, segera larikan ke Puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat.
Sumber : Selaras

3 komentar

Salam Malam Mas Ade. kunjungan perdana sambil blogwalking nih Mas. Wah anak saya dan saya sendiri pernah kelilipan tuh Mas. upanya ada kiat kiat nya ya Mas Agar kelilipan tidak menambah sakit pada kornea mata. makasih atas pencerahanya Mas. salam blogging :) :-bd

Allhamdullilah dapat pencerahan dapat pula Pertamax nya..

Alhamdulillah Mas Saud dapat Pertamax hehehehehe :)

Terima kasih atas komentar sahabat...
Dimohon tidak meningggal link hidup / link aktif karena otomatis terhapus

EmoticonEmoticon