Kamis, 18 Februari 2016

Si Cangkang Kapur Tiram



Si Cangkang Kapur Tiram

Si Cangkang Kapur Tiram. Tiram merupakan kelompok kerang-kerangan dengan cangkang berkapur masuk dalam keluarga Ostreidae.  Hingga  saat ini tiram belum  begitu  menjadi kebutuhan masyarakat, namanya masih jauh dari cumi-cumi, udang, kerang dan yang lainnya. Tapi tahukah anda, bahwa tiram ternyata mengandung gizi yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan paru-paru.Selain itu dengan mengonsumsi tiram dalam takaran tertentu sangat membantu kelancaran sirkulasi darah, namun untuk para penderita haemofilia, tiram harus dihindari karena mencegah pembekuan darah

Kandungan gizi
Kandungan gizi sangat tinggi dengan komposisi proteinnya mampu membantu pembentukan anti­ koagulan atau zat anti pembeku darah. Tiram ternyata memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

Obat Sakit Paru-Paru
Mampu  untuk  mengobati paru-paru (pneumonia). Pencegahan terhadap pneumonia dapat terjadi karena kandungan protein dalam tiram
berfungsi  melawan  virus atau bakteri penyebab radang. Protein tiram dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara mengonsumsi
Dikonsumsi dengan kondisi setengah matang, sebagaimana  yang dilakukan  oleh orang  Jepang. Yakni cukup  menyiram  tiram mentah  dengan  air mendidih  dan bisa ditambahkan  dengan  sedikit bumbu penyedap.

Pencegah Bengkak
Mampu mengurangi pembengkakan  pada bagian tubuh tertentu akibat keseleo atau salah urat. Selain rasa nyeri yang berkurang, tiram juga mencegah peradangan lebih Ianjut.

Caranya
Dengan mengambil cairan'kental yang melapisi tubuh tiram lalu dioleskan pada bagian yang bengkak sambil dipijat ringan dan biarkan cairan tersebut agak mengering.  Bengkak akan cepat  mengempis  dan rasa sakit akan berkurang.

Pemulih Pasca Operasi
Tiram mampu mempercepat pemulihan pasca operasi, terutama operasi yang berkaitan dengan tulang  dan persendian. Dalam  hal ini cangkang kerang dapat dipergunakan.

Caranya:
Dengan  merendam  cangkang  tiram dengan  air matang yang dicampur daun salam segar 4-5 helai. Rebus hingga mendidih, dan minum sampai habis.


Terima kasih atas komentar sahabat...
Dimohon tidak meningggal link hidup / link aktif karena otomatis terhapus

EmoticonEmoticon